• IUD

    KB dengan alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) dilakukan dengan memasang alat IUD di mulu rahim. Alat ini bekerja dengan cara menghalangi sperma bertemu sel telur sehingga kehamilan tidak akan terjadi.

    IUD berbentuk seperti huruf T, terbuat dari plastik yang lentur yang pada ujung bagian bawahnya terdapat tali akan. Fungsi tali ini adalah untuk mengecek apakah IUD masih terpasang dengan tepat dan baik. Pemasangan KB IUD tidak terlalu lama, bisa dilakukan dengan rawat jalan dan secara berkala.

  • Implant (Susuk KB)

    Susuk KB atau implant adalah alat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 2 cm. Implant dipasang di bawah kulit lengan atas.Didalam tabung implant terdapat hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit ke dalam tubuh pemakainya.

  • Injection (Suntik KB)

    Suntik 1 Bulan

    Suntikan KB 1 Bulan. Suntikan KB ini mengandung kombinasi hormon Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dan Estradiol Cypionate (hormon estrogen). Komposisi hormon dan cara kerja Suntikan KB 1 Bulan mirip dengan Pil KB Kombinasi. Suntikan pertama diberikan 7 hari pertama periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah melahirkan bila Anda tidak menyusui.

    Suntik 3 Bulan

    Suntikan KB 3 Bulan. Suntikan KB ini mengandung hormon Depo Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) 150 mg. Sesuai dengan namanya, suntikan ini diberikan setiap 3 bulan (12 Minggu). Suntikan pertama biasanya diberikan 7 hari pertama periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah melahirkan.

  • Pil

    KB dengan pil dilakukan dengan cara mengkonsumsi pil KB setiap hari secara teratur. Pil KB mengandung dua macam hormon yang sama dengan hormon yang ada pada setiap wanita yakni estrogen dan progestin, yang akan mengatur siklus menstruasi.