Odontektomi adalah tindakan bedah atau operasi sederhana yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi bungsu yang impaksi. Gigi impaksi adalah gigi yang tidak dapat keluar sama sekali atau tidak dapat keluar secara sempurna pada rongga mulut. Gigi bungsu yang impaksi terjadi karena posisi gigi dan ruang pada lengkung rahang yang tidak memenuhi syarat untuk gigi bungsu tersebut dapat tumbuh sempurna.

Setelah prosedur odontektomi dilaksanakan, biasanya pipi pasien akan membengkak. Hal ini adalah reaksi yang wajar karena tubuh sedang memberi respon yang membantu proses penyembuhan setelah tindakan odontektomi. Pengeluaran gigi bungsu dengan prosedur odontektomi dianggap oleh tubuh sebagai suatu trauma, sehingga tubuh akan mengusahakan penyembuhan sesegera mungkin pada area tersebut dengan proses yang disebut sebagai inflamasi.

Inflamasi yang terjadi ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, terasa lebih hangat dan nyeri. Proses ini tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan respon normal dari tubuh. Biasanya 3 sampai 4 hari setelah prosedur odontektomi, pembengkakan akan berkurang dan hilang setelah 1 minggu. Namun bila 3 hari setelah prosedur odontektomi dilakukan justru pembengkakan semakin parah, maka perlu dilakukan pemeriksaan ulang ke dokter gigi karena bisa jadi telah terjadi infeksi pada area tersebut.

Untuk meminimalisasi pembengkakan pasca odondtektomi, dokter gigi akan meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, pereda rasa sakit, dan antiinflamasi untuk mencegah infeksi paska operasi, mengurangi rasa nyeri dan agar pembengkakan.

Pasien disarankan tidak berkumur atau meludah terlalu keras dan bila kita memiliki kebiasaan merokok hentikan minimal selama proses penyembuhanuntuk membantu menghentikan perdarahan yang terjadi. Kompres dengan es atau air dingin juga bisa dipakai untuk mengurangi pembengkakan. Bila ada makanan tersangkut di daerah bekas operasi, sebaiknya tidak dicongkel karena akan merangsang perdarahan kembali.Pasien dapat berkumur perlahan dengan air garam hangat untuk mempercepat penyembuhan dan mengeluarkan sisa makanan tersebut.

Karena mulut terasa sakit dan lebih sulit dibuka, pasiien diminta makan makanan yang lembutdengan dengan perlahan. Setelah kurang lebih satu minggu, pasien akan diminta kembali ke dokter gigi tersebut untuk kontrol dan melepas jahitan.