Perawatan ortodonti adalah suatu upaya untuk melakukan koreksi terhadap posisi gigi yang salah. Perawatan ini dapat mengatasi kondisi gigi berjejal, gigi jarang, gigi maju/tonggos atau gigi cakil, gigitan terbuka, dan lain-lain. Selain bisa mengganggu saat mengunyahh makanan, posisi gigi yang tidak baik seringkali menyebabkan estetika wajah menjadi kurang menarik dan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Ortodonti berasal dari bahasa Yunani yaitu orthos yang berarti “lurus, sesuai”, dan odous yang berarti “gigi”. Ortodonti merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi yang khusus mempelajari perawatan maloklusi (gigitan yang tidak sesuai) yang terjadi karena adanya ketidak-teraturan posisi gigi, atau karena adanya hubungan rahang yang tidak proporsional atau bisa karena keduanya.

Perawatan ortodonti juga bisa dilakukan sejak usiaanak-anak. Perawatan pada anak-anak bertujuan untuk mencegah terjadinya keparahan di masa dewasa, bisa karena posisi gigi yang salah atau adanya kebiasaan buruk pada anak seperti menghisap jempol, pola penelanan yang salah, pola pengucapan yang salah, dan lain-lain.Perawatan ortodonti juga merupakan perawatan untuk mengontrol dan memodifikasi pertumbuhan wajah, dilakukan pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang.