RAHASIA KULIT SEHAT

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat?

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting, karena kulit merupakan organ tubuh terluar, karena itu rentan terkontaminasi dengan kotoran, bakteri, dan mikroorganisme.

Kulit sehat akan mendukung penampilan sehari hari dan menambah kepercayaan diri.

Kulit wajah yang sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembut, kenyal, dan lembab. Pori pori kecil, tidak ada bopeng jerawat ataupun flek hitam, kulit cerah dan bercahaya (glowing). Penampilan wajah segar dan tampak lebih muda. Siapa yang tidak menginginkannya?

Beberapa tips untuk menjaga kulit sehat.

1. Hindari merokok
Merokok akan merusak kulit dan mempercepat penuaan kulit, karena merokok memecahkan kolagen, sehingga elastisitas kulit berkurang dan sel kulit akan rusak akibat racun tembakau.
2. Hindari alkohol
Konsumsi alkohol akan merusak organ hati, organ yang berperan untuk menghilangkan racun tubuh. Bila organ tersebut rusak, racun akan menumpuk dan tidak dapat dibuang dengan baik,    akan terlihat di kulit, tampak kusam atau berjerawat.
3. Tidur cukup
Sel dalam tubuh akan beregenerasi saat kita tidur pada tingkat paling maksimal. Jika tidur cukup, kulit akan terlihat sehat dan segar.
4. Konsumsi makanan sehat dan kendalikan stress
Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat kulit lebih muda. Perbanyak komsumsi sayur sayuran dan buah buahan. Minum air putih yang cukup.
5. Rutin cuci muka dan pakai pelembap
Rutin membersihkan wajah, setidaknya 2x sehari. Hapus make-up di malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang tidak mengandung deterjen dan pewangi. Gunakan selalu pelembab wajah, sesuai dengan kondisi kulit anda.
6. Lindungi kulit dari sinar matahari
Kulit tetap harus menggunakan tabir surya meski tidak beraktivitas di luar ruangan. Gunakan yang mengandung bahan alami dan SPF minimal 15 atau 30, 20 menit sebelum beraktivitas.
7. Konsultasikan masalah anda dengan dokter kulit.
Perawatan kulit sedini mungkin akan mendapatkan hasil lebih maksimal dan mencegah kerusakan kulit. Masalah jerawat jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan timbulnya bopeng jerawat yang sangat menganggu penampilan.

Seiring usia bertambah maka akan muncul gejala gejala penuaan kulit. Kulit kusam, kering, timbul kerutan halus dan kendur. Warna kulit tidak rata dan muncul masalah pigmentasi. Kepercayaan diri berkurang.

Apapun masalah anda segeralah konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dengan tepat. Kita tidak dapat menghentikan proses penuaan tapi kita dapat meminimalkan gejala gejala penuaan kulit sehingga dapat tampil penuh percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *