Rhinoplasty adalah prosedur beda plastik untuk mengkoreksi bentuk hidung sesuai bentuk yang diinginkan. Operasi hidung merupakan salah satu operasi minor dengan prosedur yang relatif singkat yaitu 45 menit – 60 menit tergantung dari teknik dan bahan yang digunakan. Operasi hidung sendiri ada 2 macam tekniknya, yaitu open Rhinoplasty dan Closed Rhinoplasty.

Umumnya, dokter di Indonesia menggunakan teknik closed Rhinoplasty, dimana sayatan dibuat di dalam salah satu lubang hidung, kemudian dokter membuka jaringan dan memasukan implan yang sudah disesuaikan dengan bentuk hidung. Pasien biasanya dalam keadaan sadar sehingga bisa melihat bagaimana tingkat kepuasan terhadap bentuk hidung yang dibuat. Pemakaian implan bisa digabungkan dengan penggunaan tulang rawan yang dipasang di ujung implan untuk membuat mancung hidung lebih natural dan sempurna.

Setelah operasi hidung, umumnya bengkak akan terjadi selama maksimal 2 minggu, dan hidung akan di plester selama 1 minggu untuk mencegah hidung miring, jahitan juga akan dibuka setelah hari ke 7. Hasil akhir akan terlihat maksimal setelah 6 bulan dan minimal 3 bulan. Diantara waktu itu, bentuk hidung bisa berubah-berubah sebagai bagian dari proses penyembuhan.