Vaksin Influenza.
Memberikan perlindungan terhadap virus influenza yang mudah menular dan menyerang saluran pernapasan. Penularan virus influenza terjadi melalui udara pada saat berbicara, batuk dan bersin. Virus influenza sangat menular bahkan sejak 1–2 hari sebelum gejala influenza muncul, itulah sebabnya penyebaran influenza susah dihentikan.
Gejala influenza dapat berupa:
* Demam mendadak disertai menggigil
* Sakit kepala
* Badan lemas
* Nyeri otot dan sendi
* Batuk
* Pilek
* Sakit tenggorokan

Komplikasi penyakit influenza yang ditakutkan adalah timbulnya infeksi sekunder, seperti: radang paru-paru (pneumonia), myositis, sindroma Reye, gangguan syaraf pusat. Di samping itu, penderita penyakit kronis dapat bertambah berat bila terkena penyakit influenza, seperti asma, paru–paru kronis, jantung, kencing manis, ginjal kronis, gangguan status imunitas tubuh, kelainan darah dll.

Setiap orang dapat terserang influenza tanpa membedakan usia dan tingkat sosial. Cara mencegah agar kita tidak terserang penyakit influenza adalah dengan memelihara gaya hidup sehat, yakni dengan makanan sehat dan berolah raga secara teratur serta istirahat cukup. Cara lain adalah. Vaksin influenza paling efektif dan aman dan dapat memberikan perlindungan selama satu tahun terhadap serangan penyakit influenza.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksin influenza untuk:
– Anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun.
– Orang lanjut usia (lebih dari 65 tahun).
– Wanita hamil.
– Penderita penyakit kronis.
– Pekerja medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *