Flek pada wajah atau melasma adalah bercak ireguler berwarna kecoklatan yang sering terjadi pada wanita dan pria dewasa usia 20 – 50 tahun.

Melasma tidak menular tidak membahayakan tetapi dapat mengganggu aktifitas dan menurunkan percaya diri. Penyebabnya masih tidak diketahui tetapi ada berbagai faktor yang berperan yang mengganggu fungsi dari pembentukan sel pigmen, antara lain:

m-002Hormone: Peningkatan atau penurunan hormone pada kehamilan, post menopause atau program keluarga berencana (KB) dengan pil atau suntik adalah salah satu contoh yang meningkatkan resiko melasma lebih tinggi pada wanita.

 

 

m003

Genetik: merupakan faktor keturunan dimana pada pasien yang mempunyai riwayat keluarga dengan melasma mempunyai resiko lebih tinggi untuk dapat terjadinya melasma.

 

 

m-004

Paparan Sinar Matahari: memancarkan sinar radiasi ultraviolet (UV) yang meningkatkan aktifitas produksi pigmen kulit. Aktifitas meningkat pesat khususnya pada area yang sudah ada melasma sehingga dapat menambah & memperburuk melasma.

 

 

m-005

Kosmetik dan Bahan kimia: Beberapa dari produk kosmetik  mengandung bahan yang fotosensitif sehingga apabila terkena paparan sinar ultraviolet terjadi reaksi peradangan pada kulit atau alergi, merangasang produksi pigmen dan meningkatkan resiko terjadinya melasma.

 

 

m-006

KelainanTiroid: Hormon tiroid yang tidak seimbang pada pasien yang mempunyai penyakit tiroid dapat mengaktifasi sel melanosit, meningkatkan pembentukan pigmen dan dapat menyebabkan melasma.

 

 

m-007

Obat – Obat fotosensitif: Beberapa obat – obatan antibiotik dan obat antikejang mengandung bahan aktif yang sensitif terhadap matahari dapat menstimulasi pembentukan pigmen.

 

 

Apakah yang sebenarnya terjadi ?

Sel melanosit adalah sel yang berperan dalam memberikan warna pada kulit dengan memproduksi dan distribusi melanin. Melanin adalah protein pigmen yang berwarna coklat yang berfungsi untuk memberi pertahanan kulit terhadap sinar ultraviolet. Pada saat terjadi stimulasi, peningkatan jumlah sel melanosit dan penumpukan melanin pada lapisan kulit atas dan tengah yang menyebabkan terjadinya melasma.

m-008

Bagaimana mengobatinya ?

Interaksi multifaktorial antar lingkungan dan elemen hormon membuat melasma menjadi sulit untuk dihilangkan. Sehingga memerlukan kerjasama sinergistis antara dokter dan pasien serta obat dan tindakan pada tiap individu.

m-009

Krim malam: Beberapa zat aktif apabila digunakan jangka panjang sudah ditemukan melalui penelitian dan diakui dapat mengurangi produksi pigmen, mengurangi penumpukan pigmen sampai menargetkan untuk membunuh sel pigmen yang terlalu banyak. Klinik Promec menggunakan obat dengan bahan zat aktif yang aman dan efektif untuk mengobati  melasma. Konsultasi dengan dokter spesialis kami untuk krim yang sesuai untuk kulit anda.

 

m-010

Tabir surya: berfungsi untuk menangkal radiasi dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang dinilai dengan sun protection factor (Spf). Lebih tinggi spf lebih tinggi level proteksi kulit dari kerusakan ultraviolet sinar matahari. Dengan menggunakan tabir surya setiap pagi dapat mencegah terjadinya melasma dan mencegah penambahan sel pigmen pada melasma yang sudah ada.

 

m-011

Chemical peeling: pengelupasan terkontrol yang dilakukan oleh dokter. Merupakan terapi tambahan yang menggunakan bahan kimia golongan alfa hydroxy acid (aha) dan beta hydroxy acid (bha) yang aman untuk di oleskan pada wajah pasien untuk mencapai pengelupasan secara micro dan terkontrol. Meningkatkan pengelupasan kulit secara terkontrol bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit sedikit demi sedikit untuk menstimulasi produksi sel kulit yang baru dan cerah.

 

Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation)
Berbagai macam laser dari yang non ablatif sampai ablatif sudah banyak dilakukan penelitian dan terbukti efektif. Laser merupakan tindakan non-invasif yang menggunakan energi listrik untuk menghantarkan panas dengan gelombang yang spesifik sehingga dapat menargetkan sel pigmen tanpa melukai sel disekitarnya. Adapun juga laser yang melukai lapisan kulit sehingga pada saat pengelupasan jaringan sekaligus mengangkat kulit yang kusam dan mengurangi melasma pada wajah. Oleh karena letak dan penumpukan pigmen yang terjadi pada multipel lapisan kulit sehingga memerlukan beberapa kali tindakan untuk mencapai target yang diinginkan.

Segera konsultasikan kulit anda! Hubungi:

m-111

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *